Pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya di Indonesia menawarkan beasiswa (Monbukagakusho) kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat) untuk melanjutkan pendidikan ke universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College/SENSHU (D-2) di negeri matahari terbit. Berikut informasinya untuk Anda:

  • Menurut kata Sokhibi, staf Konsulat Jenderal Jepang, "Beasiswa tersebut untuk tahun akademik 2017 (April 2017) dan pelamar hanya bisa mendaftar satu program antara S-1, D-3, atau D-2".

  • Pendaftaran tahap pertama berlangsung selama dua minggu, 2-16 Mei 2016, khusus bagi pelamar lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya saja. Pendaftaran tahap II, 24 Mei-9 Juni 2016 hanya bagi pelamar lulusan tahun 2016 saja dengan persyaratan antara lain warga negara Indonesia, lahir antara tanggal 2 April 1995 sampai dengan tanggal 1 April 2000 dan nilai minimal rata-rata ujian nasional (UN) 8,4 untuk program S-1/GAKUBU 8,0 untuk program D-3/KOUSEN dan 8,0 untuk program D-2/SENSHU.

  • Jika saat penutupan (9 Juni 2016) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima.

  • Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan. Oleh sebab itu perlu melampirkan hasil ujian akhir dan transkrip nilai seluruh semester.
  • Selain itu sebagai alternatif persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3.

  • Sedangkan pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang.
  • Pelamar harus lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi yang menggunakan sistem kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2017 (bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar Internasional/IB)

  • Peserta hanya dapat mendaftar satu program saja antara S1, D3, atau D2. Prosedur Pendaftaran dengan mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload dari website resmi kedutaan Jepang berikut: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.

  • Selain itu melakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi kedutaan Jepang, lalu cetak konfirmasi registrasi online yang berisi Nomor Ujian yang dikirimkan ke e-mail pelamar.
  • Kirimkan formulir aplikasi, lembar printout konfirmasi registrasi online, fotokopi ijazah/ ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, serta fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada, ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

    Sumber : Antara